Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
berbagai aktifitas atletik dengan berbagai pendekatan
Sekolah : SMP Negeri Indramayu
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII/ I
Mata pelajaran : pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
Ruang lingkup atau aspek : aktifita pembelajaran atletik/aktifita lompat jauh pemula
Alokai waktu : 2 x 40 menit (1x pertemuan)
Standar
kompetensi (SK)
1.
Mempraktikan
berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikan
variasi dan kombinasi teknik dasar atletik serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menjaga
keselamatan diri dan orang lain,bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator
Kognitif
Produk
Menjelaskan
pengertian keterampilan gerak dasar lokomotor
1.
Menjelaskan
secara runtun berbagai aktifitas permainan lompat jauh
2.
Menjelakan
pemahaman konsep kesadaran tubuh serta hubungannya dengan pola gerak
3.
Menjelaskan
keterampilan lompat jauh
Proses
1.
Menyelidiki
pengaruh berbagai posisi tubuh terhadap gaya loncat
2.
Menyelidiki
pengaruh titik berat tubuh dan tahap awal reaksi
Psikomotor
1.
mempraktikan
berbagai gaya lenting dengan teknik tolakan dalam permainan loncat jauh
2.
mempraktikan
berbagai gaya lenting dengan pendaratan yang sempurna dari tempat yang tinggi
3.
mempraktikan
berbagai gerakan awal loncat jauh
afektif
prilaku berkarakter
1.
disiplin
dan mematuhi perintah pada swaat aktifitas berlangsung
2.
kesungguhan
dalam mentaati intruksi untuk menjaga keamanan pribadi dan orang lain
keterampilan sosial
1.
kerjasama
dalam menjaga keselamatan diri pribadi dan kelompok selama kegiatan
2.
menjadi
pendengar yang baik
3.
berani
bertanya atau berpendapat pada saat diberi kesempatan
A.
tujuan
pembelajaran
kognitif
produk
1. mapu menjelaskan perbedaan macam-macam gaya lenting yang
menguntunngkan pada saat aktifitas berlangsung
2. mampu menjelaskan posisi awal tolakan yang menguntungkan
pada aat memulai tolakan loncat jauh
3.
mempu
menjelaskan dan memahami keuntungan permainan loncat jauh yang diberikan
proses
1.
pada
aktifitas permainan loncat jauh, siswa dapat menyelidiki pengaruh berbagai gaya
lenting dan poisi mengudara diudara terhadap kemampuan ia melompat.
2.
pada
aktifitas pemainan langkong, siswa dapat menyelidiki pengaruh berbagai posisi
tubuh terhadap posisi bergerak cepat dan kemampuan melompatnya.
psikomotir
1.
melalui
berbagai bentuk permainan yang mengandung unsur lari, tolakan, melayang, dan
mendarat , siswa dapat memperagakan rangkaian gerak loncat jauh.
2. dengan berbagai bentuk permainan aksi-reaksi-akselerasi
siswa dapa tmenyelidiki pengaruh berbagai posisi tubuh terhadap posisi bergerak
yang cepat.
3.
melalui
berbagai bentuk permainan reaki akselrasi secara beregu, siswa dapat
memperagakan posisi lari yang cepat dan lompatan yang jauh.
afektif
prilaku berkarakter
1.
pada
saat mengikuti kegiatan praktik berbagai permainan bergerak meloncat ejauh
mungkin, siswa menunjukan kesungguhan dalam berlatih, dan dapat menjaga
keamanan pribadi.
2.
pada
saat mengikuti berbagai aktifitas permainan aksi-reaksi-akselerasi, siswa
menunjukan sikap disiplin serta mematuhi instruksi.
keterampilan sosial
1.
siwa
dapat menjaga keberihsan dan kesaelamatan dan pada saat mengikuti berbagai
aktifitas permainan siwa dapat menjadi pendengar yang baik dan mau mengajukan
pertanyaan atau pendapat aat deberi kesempatan.
B.
materi
pelajaran
aktifitas loncat jauh (pendahuluan/tahap motivasi)
C.
metode
pembelajaran
a. metode : penjelasan, latihan, tugas, demonstrasi,
tanya jawab
b. gaya mengajar :
gaya reciprokal, problem solving, dan discovery
c. model : model pembelajaran pola gerak dominan dan
model hellison.
D.
bahan
dan alat
a. perangkat (ilabus, rpp, lembar presensi penilaian)
b. peralatan dan tata letaknya
c. lapangan yang aman dan dalam keadaan siap digunakan pada
jam yang telah direncanakan
E.
berbasis
ICT/Internet
free download
F.
langkah-langkah
pembelajaran
persiapan guru penjasorkes sebelum pembelajaran
a. menyiapkan perangkat (silabus, rpp, lembarpresensi dan
penilaian)
b. menyiapkan peralatan dan peta seting/tata letak
guru memerikasa lapangan, alat-alat dan peralatan yang
diperlukan dan kesiapan siswa serta jalur darurat untuk keperluan P3K.
Pertemuan Pertama
2 x 40 menit
I.
Kegiatan
awal pembelajaran (10 menit)
a.
Mengecek
disiplin kehadiran siswa tepat waktu, berdoa dan melakukan presensi
b.
Apresiai
( dengan media yang ada guru mampu menghubungkan materi ajar dengan pengetahuan
awal siswa)
c.
Menyampaikan
ruang lingkup materi
d.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran khuusnya psikomotor dan afektif
e.
Latihan
pendahuluan (permainan langkok (yang mengandung unsur gerak loncat jauh))
II.
Kegiatan
inti pembelajaran
A.
Tugas
gerak I (permainan langkok 30 menit)
a.
Pemberian
tugas gerak singkat dan jelas
Guru
menjelaskan peraturan permainan langkok dan mendemonstrasikan dengan cara
memperagakannya didepan siswa. Aktifitas ini diberikan sesuai tahapan tingkat
kesulitan, dan memastikan seluruh siwa mengikuti aktivitas ini dengan antuias
sesuai instruksi guru
b.
Memonitor
dan evaluasi tuga gerak siswa
Ketika
siswa melakukan permainan langkong, guru mengamati kesungguhan dan keterampilan
siswa serta memberikan feedback dari gerakan yang dilakukan siswa.
c.
Memberikan
asupan balik
Keterampilan
bergerak cepat dan keterampilan melompat dan keesuaiannya dengan tujuan
pembelajaran, ampai semua siwa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM)
d.
Konstruki
nilai penjasorkes
Guru
memberikan pemahaman tentang pentingnya disiplin, kerja ama menjaga keselamatan
pribadi dan kelompokserta apek kesehatan dan keberihanlingkungan pada siwa
berdasarkan tugas gerak yang dilakukan.
III.
Kegiatan
akhir pembelajaran (10 menit)
a.
Pendinginan
Guru
memberikan gerakan pendinginan, dan iwa mengikuti gerakan tersebut guna
menurunkan ketegangan fisik dan mental agar kembali normal
b.
Refleksi
Mengadakan
refleksi umum terhadap pengalaman belajar siswa, baik terhadap proses dan hasil
belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotor).
c.
Evaluasi
Guru
memberikan evaluasi secara keseluruhan pada tugas gerak yang dilakukan siswa
d.
Apresiasi
Guru
memberikan penghargaan pada hasil kerja siswa baik individu maupun secara
kelompok
e.
Tindak
lanjut
Siswa
diberikan tugas. Diberikan pemahaman tindak lanjut agar kebiasan belajar
menjadi pembiasaan sehari-hari siswa.
IV.
Alat
dan umber belajar
a.
Alat
:
·
Lapangan
·
Peluit
·
Pembeda
langkong
·
Pakaian
penjas
b.
S
umber belajar :
· Ruang terbuka yang datar dan aman
·
Bendera start dan finish
·
Buku teks (LKS)
·
Buku referensi, , Roji, Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII,
· Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
· Media pembelajaran seperti poster, video atau transparasi
· Tabel spesifikasi lembar penilaian
V.
Penilaian
Penilaian
berbasis proses (fortofolio/penilaian otentik) tentang materi lempar lembing
yang tercakup dalam rpp ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat
penilaian sebagai berikut :
·
Tes lisan
Tes ini dilakukan dengan penilaian kognitif dan dapat dilakukan
menggunakan pertanyaan-pertanyaan interaktif mengenai pemahaman keterampilan
gerak berbagai posisi tubuh dan keterampilan gerak dari berbagai posisi dengan
sikap lari yang dilengkapi lembar observasi
·
Tes untuk kerja
Tes yang terkait dengan penilaian psikomotor dan dapat
dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan/observai yang dilengkapi dengan
deskripi penampilan
·
Pengamatan sikap
Aspek yang dinilai sebagai hasil belajar siswa, perilaku
tanggung jawab siswa yang ditampilkan selama proses pembelajaran. Penilaian
dilakukan oleh siswa secara berpasangan dengan menggunakan lembar observasi.
G. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan
variasi dan kombinasi tehnik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan,
tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan
koordinasi yang baik
· Lomba
lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui
bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting
(awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik
Aspek
Afektif
Percaya
diri,keberanian, menjaga keselamatan
diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralata
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan
ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan
variasidan kombinas teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat !
Cara melakukan
awalan lompat jauh dilakukan dengan
Toleransi,
percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia
berbagi tempat dan peralatan
|
1. Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan
teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor
yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Lakukan teknik dasar lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang telah
dimodifikasi untuk menanamkan nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan,
setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek (
√ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
30
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan
mengenai konsep gerak dalam teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang
nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor
yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 20
Jumlah
skor maksimal
- Nilai
akhir yang diperoleh siswa =
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK
PENILAIAN
UNJUK KERJA
TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH GAYA MELENTING
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Gerakan kaki saat menolak ke depan atas
2.
Posisi badan saat
di udara melenting
3.
Pendaratan awal
telapak kaki saat mendarat menggunakan tumit kaki
4.
Posisi badan
dibawa ke depan saat akan mendarat
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16
|
|
RUBRIK
PENILAIAN
PERILAKU DALAM LOMPAT
JAUH GAYA MELENTING
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman dalam melakukan
kegiatan
|
|
2. Toleransi/menghargai lawan
|
|
3. Percaya diri/keberanian( bersungguh-sungguh
dalam bermain)
|
|
4. Bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
|
|
|
Jumlah
|
|
Jumlah
Skor Maksimal = 4
|
|
|
|
RUBRIK
PENILAIAN
PEMAHAMAN
KONSEP LOMPAT JAUH GAYA MELENTING
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Bagaimana gerakan
lutut kaki saat mendarat?
2.
Bagaimana posisi
kedua lengan saat di udara?
3.
Bagaimana posisi
badan yang benar pada saat di udara ?
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12
|
|
Mengetahui,
Kepala
SMPN
Indramayu
(…………………………………….)
|
|
Indramayu, Desember 2012
Guru
Mapel PJOK.
( Rifkhi Azzuhri )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar