Senin, 01 Juli 2013

rpp dtletik (lompat jauh)



Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
berbagai aktifitas atletik dengan berbagai pendekatan

Sekolah                                 : SMP Negeri Indramayu
Mata Pelajaran                    :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                     :  VIII/ I
Mata pelajaran                    : pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
Ruang lingkup atau aspek  : aktifita pembelajaran atletik/aktifita lompat jauh  pemula
Alokai waktu                        : 2 x 40 menit (1x pertemuan)

Standar kompetensi (SK)
1.      Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
1.1   Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain,bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator
Kognitif
Produk
Menjelaskan pengertian keterampilan gerak dasar lokomotor
1.      Menjelaskan secara runtun berbagai aktifitas permainan lompat jauh
2.      Menjelakan pemahaman konsep kesadaran tubuh serta hubungannya dengan pola gerak
3.      Menjelaskan keterampilan lompat jauh
Proses
1.      Menyelidiki pengaruh berbagai posisi tubuh terhadap gaya loncat
2.      Menyelidiki pengaruh titik berat tubuh dan tahap awal reaksi
Psikomotor
1.      mempraktikan berbagai gaya lenting dengan teknik tolakan dalam permainan loncat jauh
2.      mempraktikan berbagai gaya lenting dengan pendaratan yang sempurna dari tempat yang tinggi
3.      mempraktikan berbagai gerakan awal loncat jauh

afektif
prilaku berkarakter
1.      disiplin dan mematuhi perintah pada swaat aktifitas berlangsung
2.      kesungguhan dalam mentaati intruksi untuk menjaga keamanan pribadi dan orang lain
keterampilan sosial
1.      kerjasama dalam menjaga keselamatan diri pribadi dan kelompok selama kegiatan
2.      menjadi pendengar yang baik
3.      berani bertanya atau berpendapat pada saat diberi kesempatan

A.    tujuan pembelajaran

kognitif
produk
1.      mapu menjelaskan perbedaan macam-macam gaya lenting yang menguntunngkan pada saat aktifitas berlangsung
2.      mampu menjelaskan posisi awal tolakan yang menguntungkan pada aat memulai tolakan loncat jauh
3.      mempu menjelaskan dan memahami keuntungan permainan loncat jauh yang diberikan
proses
1.      pada aktifitas permainan loncat jauh, siswa dapat menyelidiki pengaruh berbagai gaya lenting dan poisi mengudara diudara terhadap kemampuan ia melompat.
2.      pada aktifitas pemainan langkong, siswa dapat menyelidiki pengaruh berbagai posisi tubuh terhadap posisi bergerak cepat dan kemampuan melompatnya.
psikomotir
1.      melalui berbagai bentuk permainan yang mengandung unsur lari, tolakan, melayang, dan mendarat , siswa dapat memperagakan rangkaian gerak loncat jauh.
2.      dengan berbagai bentuk permainan aksi-reaksi-akselerasi siswa dapa tmenyelidiki pengaruh berbagai posisi tubuh terhadap posisi bergerak yang cepat.
3.      melalui berbagai bentuk permainan reaki akselrasi secara beregu, siswa dapat memperagakan posisi lari yang cepat dan lompatan yang jauh.
afektif
prilaku berkarakter
1.      pada saat mengikuti kegiatan praktik berbagai permainan bergerak meloncat ejauh mungkin, siswa menunjukan kesungguhan dalam berlatih, dan dapat menjaga keamanan pribadi.
2.      pada saat mengikuti berbagai aktifitas permainan aksi-reaksi-akselerasi, siswa menunjukan sikap disiplin serta mematuhi instruksi.
keterampilan sosial
1.      siwa dapat menjaga keberihsan dan kesaelamatan dan pada saat mengikuti berbagai aktifitas permainan siwa dapat menjadi pendengar yang baik dan mau mengajukan pertanyaan atau pendapat aat deberi kesempatan.

B.     materi pelajaran
aktifitas loncat jauh (pendahuluan/tahap motivasi)

C.     metode pembelajaran
a.       metode                : penjelasan, latihan, tugas, demonstrasi, tanya jawab
b.      gaya mengajar    : gaya reciprokal, problem solving, dan discovery
c.       model                  : model pembelajaran pola gerak dominan dan model hellison.


D.    bahan dan alat
a.       perangkat (ilabus, rpp, lembar presensi penilaian)
b.      peralatan dan tata letaknya
c.       lapangan yang aman dan dalam keadaan siap digunakan pada jam yang telah direncanakan

E.     berbasis ICT/Internet
free download

F.      langkah-langkah pembelajaran
persiapan guru penjasorkes sebelum pembelajaran
a.       menyiapkan perangkat (silabus, rpp, lembarpresensi dan penilaian)
b.      menyiapkan peralatan dan peta seting/tata letak
guru memerikasa lapangan, alat-alat dan peralatan yang diperlukan dan kesiapan siswa serta jalur darurat untuk keperluan P3K.


Pertemuan Pertama
2 x 40 menit

       I.            Kegiatan awal pembelajaran (10 menit)
a.       Mengecek disiplin kehadiran siswa tepat waktu, berdoa dan melakukan presensi
b.      Apresiai ( dengan media yang ada guru mampu menghubungkan materi ajar dengan pengetahuan awal siswa)
c.       Menyampaikan ruang lingkup materi
d.      Menyampaikan inti tujuan pembelajaran khuusnya psikomotor dan afektif
e.       Latihan pendahuluan (permainan langkok (yang mengandung unsur gerak loncat jauh))
    II.            Kegiatan inti pembelajaran
A.    Tugas gerak I (permainan langkok 30 menit)
a.       Pemberian tugas gerak singkat dan jelas
Guru menjelaskan peraturan permainan langkok dan mendemonstrasikan dengan cara memperagakannya didepan siswa. Aktifitas ini diberikan sesuai tahapan tingkat kesulitan, dan memastikan seluruh siwa mengikuti aktivitas ini dengan antuias sesuai instruksi guru
b.      Memonitor dan evaluasi tuga gerak siswa
Ketika siswa melakukan permainan langkong, guru mengamati kesungguhan dan keterampilan siswa serta memberikan feedback dari gerakan yang dilakukan siswa.
c.       Memberikan asupan balik
Keterampilan bergerak cepat dan keterampilan melompat dan keesuaiannya dengan tujuan pembelajaran, ampai semua siwa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM)
d.      Konstruki nilai penjasorkes
Guru memberikan pemahaman tentang pentingnya disiplin, kerja ama menjaga keselamatan pribadi dan kelompokserta apek kesehatan dan keberihanlingkungan pada siwa berdasarkan tugas gerak yang dilakukan.
 III.            Kegiatan akhir pembelajaran (10 menit)
a.       Pendinginan
Guru memberikan gerakan pendinginan, dan iwa mengikuti gerakan tersebut guna menurunkan ketegangan fisik dan mental agar kembali normal
b.      Refleksi
Mengadakan refleksi umum terhadap pengalaman belajar siswa, baik terhadap proses dan hasil belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotor).
c.       Evaluasi
Guru memberikan evaluasi secara keseluruhan pada tugas gerak yang dilakukan siswa
d.      Apresiasi
Guru memberikan penghargaan pada hasil kerja siswa baik individu maupun secara kelompok
e.       Tindak lanjut
Siswa diberikan tugas. Diberikan pemahaman tindak lanjut agar kebiasan belajar menjadi pembiasaan sehari-hari siswa.
 IV.            Alat dan umber belajar
a.       Alat :
·   Lapangan
·   Peluit
·   Pembeda langkong
·   Pakaian penjas
b.      S umber belajar :
·   Ruang terbuka yang datar dan aman
·   Bendera start dan finish
·   Buku teks (LKS)
·   Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, 
·   Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
·   Media pembelajaran seperti poster, video atau transparasi
·   Tabel spesifikasi lembar penilaian

    V.            Penilaian
Penilaian berbasis proses (fortofolio/penilaian otentik) tentang materi lempar lembing yang tercakup dalam rpp ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat penilaian sebagai berikut :

·         Tes lisan
Tes ini dilakukan dengan penilaian kognitif dan dapat dilakukan menggunakan pertanyaan-pertanyaan interaktif mengenai pemahaman keterampilan gerak berbagai posisi tubuh dan keterampilan gerak dari berbagai posisi dengan sikap lari yang dilengkapi lembar observasi

·         Tes untuk kerja
Tes yang terkait dengan penilaian psikomotor dan dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan/observai yang dilengkapi dengan deskripi penampilan

·         Pengamatan sikap
Aspek yang dinilai sebagai hasil belajar siswa, perilaku tanggung jawab siswa yang ditampilkan selama proses pembelajaran. Penilaian dilakukan oleh siswa secara berpasangan dengan menggunakan lembar observasi.

G.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan  koordinasi yang baik
·   Lomba lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan  koordinasi yang baik

Aspek Afektif
Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralata

Tes praktik
(Kinerja)










Tes tertulis






Tes
observasi



Tes  Contoh Kinerja









Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar  observasi



Lakukan variasidan kombinas teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara,  dan mendarat !









Cara melakukan awalan lompat jauh dilakukan dengan





Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan


      1.   Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
                              Lakukan teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                     Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                     Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi): 
Lakukan teknik dasar lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang telah dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

                    Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
                       Jumlah skor maksimal
                       
-  Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar lompat jauh gaya melenting

Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                     Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
               Jumlah skor maksimal

-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =

Text Box: Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis                                   
                       

           
2.   Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH GAYA MELENTING

Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.      Gerakan kaki  saat menolak ke depan atas
2.      Posisi badan saat di udara melenting
3.      Pendaratan awal telapak kaki saat mendarat menggunakan tumit kaki
4.      Posisi badan dibawa ke depan saat akan mendarat






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16








RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM LOMPAT JAUH GAYA MELENTING
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman dalam melakukan kegiatan

2.  Toleransi/menghargai lawan

3.  Percaya diri/keberanian( bersungguh-sungguh dalam bermain)

4.  Bersedia berbagi tempat dan peralatan

  

Jumlah

Jumlah Skor Maksimal = 4







RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP LOMPAT JAUH GAYA MELENTING

Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.      Bagaimana gerakan lutut  kaki saat mendarat?

2.      Bagaimana posisi kedua lengan saat di udara?

3.      Bagaimana posisi badan yang benar pada saat di udara ?





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12


           


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN Indramayu



(…………………………………….)

Indramayu,    Desember 2012
Guru Mapel PJOK.



( Rifkhi Azzuhri )
                                                                                              



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar