Jumat, 24 Februari 2012

anatomi


MAKALAH ANATOMI
PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN, DAN REKREASI (FPOK)

Diajukan untuk Memenuhi tugas makalah
ANATOMI






UPIWARNA






Oleh :
Rifkhi Azzuhri
1001974









JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN, DAN REKREASI
FAKULTAS PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2010


PENDAHULUAN

            Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini. Dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Nya. mungkin saya tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
            Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengetahuan tentang sikap headstand. Makalah ini memuat tentang analisis gerak headstand. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada dosen dan teman- teman yang telah banyak membimbing dalam menyelesaikan makalah ini.
Dalam senam dinomor lantai itu ada bermacam-macam gerakan yang dilombakan, diantaranya yaitu rol depan dan rol belakang, tiger srong, heandstand, redslay, Stutz, dan headstand.
Dalam hadstand ini kita ditinjau untuk bias berdiri dengan kepala kita yang dibantu oleh kedua tangan kita. Dalam gerakan sebenarnya tidak terlalu sulit, namun semua itu teergantung pada diri kita. Jika kita telah termotivasi dan punya semangat yang membara maka biasanya akan cepat menguasai gerakan tersebut untuk lebih jelasnya tentang headstand akan dijelaskan dalam isi makalah ini..
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.













Pengertian headstand.
Headstand yaitu merupakan gerakan berdiri dengan kepala (firman blog 2009). Headstand merupakan suatu gerakan yang bertumpu pada kepala, namun dibantu oleh kedua tangan kita yang ikut menjaga keseimbangan juga.
Headstand dalam yoga yaitu dilakukan denngan kepala dijepit oleh kedua lengan kita, yang artinya dalam gerakan tersebut untuk menjaga keseimbangannya lebih mudah, karena badan ditumpu oleh kedua lengan kita dan kepala sebagai penyangga tubuh saja.






Headstand dalam breakdance  dilakkan untuk menuju gerrakan headspin (putaran kepala), namun untuk bias melakukan headspin anda harus sering mmelakukan headstand dulu.






Holowhead yaitu gerakan dimana kedua tangan berada dibelakang kepala dan lurus, tumpuan kepala berada dibelakang kepala, posisi kaki saling menyilang dan meruncing, gerakan ini lebih susah dari headstand biasa.









1. Berdiri dengan Kepala (Headstand) Berdiri dengan kepala
adalah sikap tegak dengan bertumpu pada kepala dan ditopang oleh kedua tangan.
·             Sikap permulaan membungkuk bertumpu pada dahi dan tangan. Dahi dan tangan  membentuk segitiga sama sisi.
·             Angkat tungkai ke atas satu per satu bersamaan. Untuk menjaga agar badan tidak mengguling ke depan, panggul ke depan, dan punggung membusur.
·             Berakhir pada sikap badan tegak, dan tungkai rapat lurus ke atas.

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan : saat melakukan headstand yaitu:
a.          Penempatan kedua tangan dan kepala tidak  membentuk titik-titik segitiga sama sisi.
b.         Kekakuan pada leher, sendi bahu, perut, pinggang, dan paha.
c.          Otot-otot leher, sendi bahu, perut, pinggang, dan paha kurang kuat.
d.         Akibat dari poin b dan c diatas menyebabkan kurangnya koordinasi dan keseimbangan
e.          Alas dasar/lantai tempat kepala bertumpu terlalu keras sehingga menimbulkan rasa
f.          sakit.
g.         Terlalu cepat/kuat pada saat menolak
h.         Sikap tangan yang salah, yaitu jari tangan tidak menghadap kedepan

Cara memberi bantuan dalam gerakan headstand yaitu : Karena panggul menjadi titik berat yang utama dalam bentuk sikap berdiri dengan kepala, maka bantuan yang utama adalah :
·            Mengangkat dan menarik panggul
·            Menopang panggul bagi pelaku yang dapat memindahkan panggul kedepan
·            Memegang dan menahan kedua kaki pelaku, pegang pada ujung pergelangan kaki dan belakang paha atau panggul








Analisis Gerak Pivot Dalam Segi Anatomi Tulang, Sendi dan Susunan Otot, yaitu:

1. Tulang ( Osteology )
Dilihat dari bentuknya tulang dapat dibagi menjadi :
  1. Tulang panjang ditemukan di ekstremitas
  2. Tulang pendek terdapat di pergelangan kaki dan tangan
  3. Tulang pipih pada tengkorak dan iga
  4. Tulang ireguler (bentuk yang tidak beraturan) pada vertebra, tulang-tulang wajah, dan rahang.

Sedangkan fungsi tulang yaitu :
1.      Penunjang dan pembentuk tubuh.
2.      Pelindung organ-oragan vital.
3.      Alat gerak pasif dan alat gerak pengungkit.
4.      Tempat bertambatnya otot.
5.      Tempat persediaan zat kapur dan garam-garam dan.
6.      Tempat pembuatan sel-sel darah.
Namun dlam gerakan headstan penunjang tubuh yaitu tulang leher (neck), berhati-hatilah jika melakukan headstan karena didalam tullang leher banyak sekali syaraf-syaraf yang menempel pada tyulang tersebut, apa lagi skull sebagai dasar penompang tubuh kita yang langsung bersentuhan dengan lantai, maka dari itu safety harus benar-benar diterapkan.
Metacarpals sebagai penyangga tubuh kita dan phalange sebagai penyeimbangnya, karena tekanan-tekanan yang dilakukan jari-jari kita akan berpengaruh pada keseimbangan kita.

2. Persendian ( Artrologi )
Sendi adalah bagian-bagian dari kerangka dihubungkan satu dengan yang lainnya melalui perantaraan berupa perlekatan-perlekatan (misalnya: ikat-ikat, sekat-sekat/membrane dan diskus-diskus) atau persendian.
Sendi yang berperan aktif dalam headstand ini yaitu seebagian besar adalah sendi lengan, karena dalam pelaksanaanya sendi lengan dan bahu itu bias menentukan sudut dalam pengambilan langkah awal unuk melakukan headstand.
Sendi-sendi yang terdapat pada langan yaitu:
1.      Sendi bahu (art humeri)
2.      Seendi siku (art cubiti)
3.      Sendi hasta pengumpil atas (art radioulnar superior)
4.      Sendi hasta pengumpil bawah (art radioulnar inferior)
5.      Sendi pergelangan tangan (art  radiioullnar)
6.      Sendi antar tulang pergelangan tangan (art intercarpus)
7.      Sendi antar pergelangan tangan dengan telapak tangan (art carpo-metacarrpals)
8.      Sendi antar tulang telapak tangan (art intermetacarpals)
9.      Seendi antar tulang telapak tangan dengan jari-jari tangan (art methacarpo phalangeus)


3. Otot (miologi)
Ada tiga macam otot pada badan manusia, yaitu otot polos, otot jantung dan otot lurik Otot lurik ini diliputi kapsul jaringan ikat yang membatasi otot tersebut terhadap otot-otot di sekitarnya dan member bentuk pada otot tersebut. Sebuah sel otot disebut serabut otot atau serat otot yang terdiri atas satu sel. Secara mikroskopik, sebuah sel otot dibentuk oleh beberapa komponen kecil yang disebut myofibril (fibril=serat kecil) dan ini tersusun secara sejajar, sehingga member kesan bergaris (lurik). Sebuah miofibril terdiri atas sejumlah miofilamen, yaitu aktin (tipis dan transparan) dan myosin (tebal berupagaris-garis gelap).


Kontraksi isomeric yaitu suatu kontraksi otot dimana panjang otot tidak berubah, sedangkan keegangan (tension) otot bias berubah.
Kontraksi isootonik yaitu suatu kontraksi otot dimana panjang otot berubah, sedangkan ketegangan otot tidak berubah.
Pada umumnya suatu gerakan oleh berkontraksinya beberapa otot. Otot-otot yang menyebabkan gerakan sama pada suattu persendian disebut ototsinergis, sedangkan otot-otot yang berlawanan fungsinya disebut otot antagonis.








Saran dan contoh kasus.
Saran saya bagi anda yang mau melakukan gerakan headstand jangan lah setelah makan langsung melakukan gerakan tersebut, karena itu tidak bagus bagi perut kita dan bias-bisa nanti muntah lagi.
Jangan pula anda melakukan headstan tanpa diidampingi oleh orang yang ahli dibidang headstand, karena bias jadi gerakan yang anda lakukan sendiri itu tidak benar. Dengan didampingi oleh orang ahli maka kita pasti akan diberi tahu tentang cara-cara yang benar dalam pelaksanaannya.
            Kesalahan yang sering terjadi dalam gerrakan headstand yaitu posisi tangan kita yang sejajar dengan kepala, itu akan menyulitkan kita untuk mencari keseimbangaanya dan tumpuanpun terasa lebih berat dikepala karena tangan tidak ikut membantu menahan tubuh kita. Posisi yang benar yaitu kepala dan tangan membentuk segitiga sama sisi, kedua tangan berada didepan muka kita dan ujung-ujung jari akan membantu kita untuk menyeimbangkan baddan kita dan pasti akan terasa ringan.
Yang kedua yaitu posisi kaki saat headstand sering kali takut untuk melontarkannya keatas, jika anda seperti itu cobalah gerkan tersebut di tembok dan hilangkan rasa takut itu, karena akan menghambat anda untuk bias.















DAFRTAR PUSTAKA

www.google.com/osteologi
anatomi fpok 2008




Tidak ada komentar:

Posting Komentar