KATA PENGANTAR
Assalam’muakaikum Wr Wb
Syukur Allhandulillah kami panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan
rahmatnya kepada kita sekalian dan karena dengan ridonya saya dapat
menyelesaikan laporan ini dengan baik.
Secara khusus
pembuatan laporan ini ialah untuk melengkapi tugas kami sebagai mahasiswa dalam
mata kuliah PERKEMBANGAN PESERTA DIDK
yang di berikan oleh dosen yang bersangkutan .
Tujuan
pembuatan Laporan ini sebagai sarana penunjang di dalam mencapai tujuan
tersebut, oleh karena itu dipandang perlu membuat Laporan ini.
Semoga
Laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi diri saya pada kususnya dan
umumnya bagi mahasiswa yang lain. Mohon maaf jika ada kesalahan baik itu
berupa penulisan ataupun kata-kata di
dalam pembuatan Laporan ini.
Atas segala perhatian Bapak/Ibu kami serta
pihak-pihak yang terkait di dalam pembuatan makalah ini, saya ucapkan
banyak-banyak terima kasih.
Wassalamua’laikum Wr.Wb.
Bandung,6
Desember 2010
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR............................................................................................................................. 1
DAFTAR
ISI.......................................................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................................. 3
A. LATAR BELAKANG......................................................................................................... 3
B. TUJUAN.............................................................................................................................. 3
C. PERMASALAHAN.............................................................................................................. 4
D.
PENHYELESAIAN.............................................................................................................. 4
BAB II PENUTUP.................................................................................................................................... 7
KESIMPULSN........................................................................................................................... 7
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Dengan berpedoman kepada pola dasar umum
prosedur pengembangan sistem instruksional PPSI tentang cara mengembangan
kriteria dan merumuskan tujuan-tujuan pendidikan sampai kepada tingkat yang
operasional(intuksional). Pada tahap sekarang, yang harus kita pelajari adalah
bagai mana cara mengembangkab strategi belajar mengajar yang ampuh agar
tujuan-tujuan pendidikan dapat diwujudkan dan di evaluasi menggunakan instrumen
yang telah dikembangkan.
B.TUJUAN
1. Dapate membuat suatu model PBM
suatu bidang studi tertentu yang
dipersiapkan untuk tingkat sekolah dan kelas, serta untuk satuan bahan dan
waktu tertentu, yang didalamnya mencakup:
a)
Merumuskan
TIKnya
b) Membuat butiran soal(item)
c) Cara mengidentifikasikan
enterning behavior siswanya
d) Cara mengorganisasikan bahan dan
kegiatan belajar mengajar
e) Strategi, metode dan teknik
pengelolaan kelas
f) Strategi, metode dan teknik
pelaksanaan evaluasi
2.
Dapat
membuat suatu medel analisis dan interperensi data hipotektik (yang disediakan)
tentaang hasil pengukuran terhadap prestasi belajar siswa dari kelas dan
tingkat pendidikan serta dalam bbidang studi tertentu, yang didalamnya memuat:
a)
Prosedur
dan teknik analisis yang digunakan,
b)
Kriteri
dan norma penilaian yang digunakan,
c)
Hasil
interprestasi.
C. PERMASALAHAN
a) Menentukan topik atau pokok
pembahasan
b) Merumuskan TIK dari pokok bahasan
c) Menetapkan jenis dan bentuk soal
evaluasi
d) Menemtukan bagaimana cara untuk
mendeteksi entering behevior siswa sebelum PBM dilaksanakan
e) Bagaimana pula kelas yang akan diorganisasikan sesuia
dengan besar atau jumlah siswa
f) Metode dan teknik belajar
mengajar yang akan dipergunakan
g) Strategi evaluasi (pre post test
design) yang akan ditempuh
PENYELESAIAN
1.
Bidang
studi Pendidikan jasmani (pokok bahasan sepak bola)
2.
Mengetahui
Sejarah singkat sepak bola,
Mengetahui
Peraturan-peraturan dalam sepak bola,
Mengetahui
teknik dasar sepak bola,
Menendang
dengan kaki bagian dalam (passing),
Menendang
dengan kaki bagian luar,
Menendang
dengan kaki bagian ujung (long pass),
Kontrol
bola menggunakan kaki, dada, paha, kepala,
Sundul (heading),
Menggiring
bola (dribling),
Menendang bola sekeras mungkin (shooting),
3.
Siapakah
pencetak gol terbanyak di TIMNAS Indonesia sampai saat ini?
Siapakah
pemain naturalisasi pertama TIMNAS Indonesia?
Bagai
mana cara melakukan lemparan ke dalam (trow in)?
Apa arti dari kartu merah?
Apa
definisi dari GOL?
Apa
definisi dari GOL kick?
Apa
definisi dari corner kick?
Apa definisi dari free kick?
Apa
definisi dari tackling?
Apa
tugas hakim garis?
Apa
tugas wasit?
4.
Secara
tradisional, seorang pendidik memulai dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan
mengenai bahan yang telah pernah diberikan terdahulu sebelum menyajikan bahan
baru.
Alasannya:
Apabila
saya ditempatkan di daerah, karena terbatasnya fasilitas mungkin lebih cocok
entering behavior secara tradisonal sehingga siswa dapat memahami dengan mudah
dan epektif meskipun keterbatasan fasilitasnya.
5.
Menurut
saya dengan cara stimulasi (stimulation). Dimana seorang pendidik memulainya
dengan bertanya atau mengatakan persoallan, menyuruh siswa membaca atau
mendengarkan (tape recorder) uraian yang memuat permasalahan (problematic).
Alasannya
: karena dengan cara ini bisa memancing siswa lebih kreatif dan merangsang
siswa lebih aktif.
6.
Dengan
menggunakan metode belajar-mengajar kelas (class room taching)
Alasannya
: karena kebanyakan jumblah siswa dalam satu kelas itu 20-40 jadi kita
menggunakan metode proses belajar ini.
7.
Menurut
saya yang paling sesuai dengan menggunakan metode Interaksi belajar-mengajar
dalam konteks kelas.
Alasannya
: karena sebagian besar sistem belajar-mengajar di Indonesia masih berpola
kepada belajar dalam konteks interaksi dikelas yang terdidri dari sekitar 30-40
siswa.
8.
Evaluasi
sumatif (post test) yaitu dimana metode ini pelaksanaan evaluasinya dilakukan
setelah berakhirnya kegiatan belajar-mengajar.
Alasannya
: bermaksud untuk mengetahui tahap perkembangan terakhir dari tingkat
pengerahuan atau penguasaan belajar yang telah di capai oleh siswa.
BAB
II
PENUTUP
KESIMPULAN
Seorang
pengajar atau guru yang baik dalam melakukan proses pembelajaran hendaknya
mempersiapkan terlebih dahulu PBM untuk suatu bidang studi tertentu yang di
dalamnya mencantumkan rumusan TIK-nya, memebuat butir soal yang bertujuan
mengukur tinggat seberapa siswa itu memahami materi tsb, kemudian harus tahu
cara mengidentifikasi entering siswanya, bagai mana cara kita menyampaikan
materi supanya mudah di mengerti oleh siswa, kita juga harus bisa mengsiasati
berapa jumblah siswa yang kita hadapi dan dengan menggunakan metode
pengelompokan kelas manakah supanya proses belajar-mengajar berjalan dengan
kondusip, dan kita harus menentukan teknik dan strategi apa yang akan kita
gunakan dalam pelaksanaan evaluasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar