Rabu, 21 Agustus 2013

perkembangan peserta didik MODUL 3 unit4



KATA PENGANTAR


Assalam’muakaikum Wr Wb
 Syukur Allhandulillah kami panjatkan puji dan syukur  kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada kita sekalian dan karena dengan ridonya saya dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik.
         Secara khusus pembuatan laporan ini ialah untuk melengkapi tugas kami sebagai mahasiswa dalam mata kuliah PERKEMBANGAN PESERTA DIDK  yang di berikan oleh dosen yang bersangkutan .
         Tujuan pembuatan Laporan ini sebagai sarana penunjang di dalam mencapai tujuan tersebut, oleh karena itu dipandang perlu membuat Laporan ini.
         Semoga Laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi diri saya pada kususnya dan umumnya bagi mahasiswa yang lain. Mohon maaf jika ada kesalahan baik itu berupa  penulisan ataupun kata-kata di dalam pembuatan Laporan ini.
 Atas segala perhatian Bapak/Ibu kami serta pihak-pihak yang terkait di dalam pembuatan makalah ini, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.
Wassalamua’laikum Wr.Wb.




Bandung,6 Desember 2010







DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................................................................         1         
DAFTAR ISI..........................................................................................................................................                       2
BAB I    PENDAHULUAN.................................................................................................................          3
            A. LATAR BELAKANG.........................................................................................................         3
B. TUJUAN..............................................................................................................................         3
C. PERMASALAHAN..............................................................................................................       4
D. PENHYELESAIAN..............................................................................................................       4
BAB II PENUTUP....................................................................................................................................      7
KESIMPULSN...........................................................................................................................       7



















PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG

Dengan berpedoman kepada pola dasar umum prosedur pengembangan sistem instruksional PPSI tentang cara mengembangan kriteria dan merumuskan tujuan-tujuan pendidikan sampai kepada tingkat yang operasional(intuksional). Pada tahap sekarang, yang harus kita pelajari adalah bagai mana cara mengembangkab strategi belajar mengajar yang ampuh agar tujuan-tujuan pendidikan dapat diwujudkan dan di evaluasi menggunakan instrumen yang telah dikembangkan.

B.TUJUAN
1.       Dapate membuat suatu model PBM suatu bidang studi tertentu  yang dipersiapkan untuk tingkat sekolah dan kelas, serta untuk satuan bahan dan waktu tertentu, yang didalamnya mencakup:
a)      Merumuskan TIKnya
b)      Membuat butiran soal(item)
c)      Cara mengidentifikasikan enterning behavior siswanya
d)      Cara mengorganisasikan bahan dan kegiatan belajar mengajar
e)      Strategi, metode dan teknik pengelolaan kelas
f)       Strategi, metode dan teknik pelaksanaan evaluasi 

2.       Dapat membuat suatu medel analisis dan interperensi data hipotektik (yang disediakan) tentaang hasil pengukuran terhadap prestasi belajar siswa dari kelas dan tingkat pendidikan serta dalam bbidang studi tertentu, yang didalamnya memuat:  
a)      Prosedur dan teknik analisis yang digunakan,
b)      Kriteri dan norma penilaian yang digunakan,
c)      Hasil interprestasi.

C. PERMASALAHAN
a)      Menentukan topik atau pokok pembahasan
b)      Merumuskan TIK dari pokok bahasan
c)      Menetapkan jenis dan bentuk soal evaluasi
d)      Menemtukan bagaimana cara untuk mendeteksi entering behevior siswa sebelum PBM dilaksanakan
e)      Bagaimana  pula kelas yang akan diorganisasikan sesuia dengan besar atau jumlah siswa
f)       Metode dan teknik belajar mengajar yang akan dipergunakan
g)      Strategi evaluasi (pre post test design) yang akan ditempuh    


PENYELESAIAN
1.       Bidang studi Pendidikan jasmani (pokok bahasan sepak bola)
2.       Mengetahui Sejarah singkat sepak bola,
Mengetahui Peraturan-peraturan dalam sepak bola,
Mengetahui teknik dasar sepak bola,
Menendang dengan kaki bagian dalam (passing),
Menendang dengan kaki bagian luar,
Menendang dengan kaki bagian ujung (long pass),
Kontrol bola menggunakan kaki, dada, paha, kepala,
Sundul  (heading),
Menggiring bola (dribling),
 Menendang bola sekeras mungkin (shooting),


3.       Siapakah pencetak gol terbanyak di TIMNAS Indonesia sampai saat ini?
Siapakah pemain naturalisasi pertama TIMNAS Indonesia?
Bagai mana cara melakukan lemparan ke dalam (trow in)?
Apa  arti dari kartu merah?
Apa definisi dari GOL?
Apa definisi dari GOL kick?
Apa definisi dari corner kick?
 Apa definisi dari free kick?
Apa definisi dari tackling?
Apa tugas hakim garis?
Apa tugas wasit?


4.       Secara tradisional, seorang pendidik memulai dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai bahan yang telah pernah diberikan terdahulu sebelum menyajikan bahan baru.
Alasannya:
Apabila saya ditempatkan di daerah, karena terbatasnya fasilitas mungkin lebih cocok entering behavior secara tradisonal sehingga siswa dapat memahami dengan mudah dan epektif meskipun keterbatasan fasilitasnya.
5.       Menurut saya dengan cara stimulasi (stimulation). Dimana seorang pendidik memulainya dengan bertanya atau mengatakan persoallan, menyuruh siswa membaca atau mendengarkan (tape recorder) uraian yang memuat permasalahan (problematic).
Alasannya : karena dengan cara ini bisa memancing siswa lebih kreatif dan merangsang siswa lebih aktif.


6.       Dengan menggunakan metode belajar-mengajar kelas (class room taching)
Alasannya : karena kebanyakan jumblah siswa dalam satu kelas itu 20-40 jadi kita menggunakan metode proses belajar ini.
7.       Menurut saya yang paling sesuai dengan menggunakan metode Interaksi belajar-mengajar dalam konteks kelas.
Alasannya : karena sebagian besar sistem belajar-mengajar di Indonesia masih berpola kepada belajar dalam konteks interaksi dikelas yang terdidri dari sekitar 30-40 siswa.
8.       Evaluasi sumatif (post test) yaitu dimana metode ini pelaksanaan evaluasinya dilakukan setelah berakhirnya kegiatan belajar-mengajar.
Alasannya : bermaksud untuk mengetahui tahap perkembangan terakhir dari tingkat pengerahuan atau penguasaan belajar yang telah di capai oleh siswa.
















BAB  II
PENUTUP
KESIMPULAN
Seorang pengajar atau guru yang baik dalam melakukan proses pembelajaran hendaknya mempersiapkan terlebih dahulu PBM untuk suatu bidang studi tertentu yang di dalamnya mencantumkan rumusan TIK-nya, memebuat butir soal yang bertujuan mengukur tinggat seberapa siswa itu memahami materi tsb, kemudian harus tahu cara mengidentifikasi entering siswanya, bagai mana cara kita menyampaikan materi supanya mudah di mengerti oleh siswa, kita juga harus bisa mengsiasati berapa jumblah siswa yang kita hadapi dan dengan menggunakan metode pengelompokan kelas manakah supanya proses belajar-mengajar berjalan dengan kondusip, dan kita harus menentukan teknik dan strategi apa yang akan kita gunakan dalam pelaksanaan evaluasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar