Rabu, 21 Agustus 2013

perkembangan peserta didik modul 3 UNT 1 arizal



1.       Definisi Konsep
Di bawah ini terdapat sejumlah konsep seperti yang ada telah pelajari dalam modul 3 Unit 1 ini. Buatlah definisi atau penjelasan dengan kata-kata anda sendiri secara singkat, padat, tepat (concise) pada tempat yang telah di sediakan.
1.       PBM ialah suatu aspek dari lingkungan sekolah yang terorganisasi. Lingkungan ini diatur serta diawasi agar kegiatan belajar terarah sesuai tujuan pendidikan. Pengawasan turut menentukan lingkungan itu membantu kegiatan belajar.
2.       suatu perubahan-perubahan yang di harapkan oleh si pengajar berhasil pada anak-anak didik setelah menjalani proses belajar tersebut pada prilaku dari pribadinya seperti yang di harapkan si pengajar.atau bisa di katakan Suatu proses rangkaian interaksi antara siswa dan guru dalam  rangka mencapai tujuan.
3.       Suatu proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktik atau pengalaman tertentu.
4.       Maksudnya adalah mengidentifikasi kebutuhan siswa, tujuan yang hendak dicapai, berbagai strategi dan skenario yang relevan digunakan untuk mencapai tujuan, dan kriteria evaluasi.
5.       Evaluasi adalah proses interaksi ( Belajar - mengajar) tersebut hendaknya ditimbang atau di koreksi pada tercapai tidaknya tujuan.
6.       Maksudnya adalah seperti yang diharapkan ( normatif ) / criteria keberhasilan ( criteria of success ) baik dipandang dari segi siswa ( tingkat abilitas dan bakat khususnya, tugas perkembangan dan sebagainya )
7.      bahwa dalam belajar banyak hal yang telah dipelajari sukar sekali bahkan tidak dapat lagi direproduksikan dari daya ingat individu.
8.       Maksudnya adalah belajar bukan hanya bersifat mekanis dalam kaitan stimulus respone ( S- R bord ), melainkan perilaku organism sebagai totalitas yang bertujuan.
9.       Bahwa jiwa manusia itu terdiri atas sejumlah fungsi- fungsi yang memiliki daya atau kemampuan tertentu , misalnya daya ingat, daya piker dan sebaginya.
10.   Pengalaman atau praktik atau latihan dengan sengaja dan didasari oleh keinginannya sendiri.
11.   Membawa pengaruh dan makdna tertentu bagi pelajar ( seridaknya sampai batas waktu tertentu) relative tetap dan setuap saat diperlukan dapat direproduksi dan di pergunakan seperti dalam memecahkan masalah atau problem solving.
12.   Seorang siswa yang telah mengalami perbuatan belajar akan ditandai dengan adanya perubahan pola-pola sambutan dan tingkah laku indivudu.
13.   Pada tahap penerimaan input informasi,pada tahap ini input informasi ( S: Penjelasan, data, masalah, pemerintah, tugas, dan sebagainya dalam bentuk  tulisan atau lisan, isyarat atau symbol)
14.   Pada tahap kedua pengolahan informasi, dimana seorang pendidik mengulah informasi yang telah ada dalam memorinya kedalam bahasa yang biasa di pergunakan dalam berfikirnya,kemudian menafsirkan informasi itu menurut kaidah-kaidah logikanya.
15.   Hasil belajar siswa yang meliputi penguasaan konsep dan inkuiri sebagai variabel terikat.
16.   Maksudnya adalah proses belajar baik secara tertulis maupun tulisan, misalnya pemberian nama-nama terhadap suatu benda, definisi, dan sebagainya.
17.   Maksudnya mengajarkan teori gestalt dan teori medan di dalam pembahasan akan difokuskan pada teori belajar orang dewasa.
18.   Indikator-indok sesuatu hal yang datang dari dalam individu terhadap lingkungan mengakibatkan terjadinya rangsangan

19.   Kognitif, afektif, dan psikomotorik yaitu Pengalaman atau praktik atau latihan itu dengan sengaja dan di sadari di lakukannya dan bukan secara kebetulan ; dengan demikian, perbahan karena kemantapan-kemantapan dan kematangan atau keletihan atau karena penyakit tidak dapat di pandang sebagai perubahan hasil belajar.
20.   Peristiwa dimana banyak hal yang telah di pelajari sukar sekali bahkan tidak dapat lagi direproduksi daya ingat.

2.       Aplikasi Konsep
Di bawah in terdapat sejumlah konsep seperti yang telah anda pelajari pula dalam modul 3 unit 1 ini. Pasanagkan/konsep-konsep tersebut dengan pernyataan atau keterangan yagn tersedia dengan menuliskan kode(huruf A, B, C dan seterusnya ) di depan nomor pernyataan yang anda pandang paling tepat.
Konsep

A.      Merencanakan (persiapan) PBM
B.      Proses mengajar (teaching proses)
C.      Proses belajar (learning proces)
D.      Evaluasi PBM
E.       Perubahan perilaku intensional
F.       Perubahan perilaku normatif
G.     Perubahan perilaku kognitif
H.      Perubahan fungsional-struktural
I.        Perubahan material substansil
J.        Perubahan integral
K.      Conditioning
L.       Reinforcement
M.    Instrumental input ( sarana ) PBM
N.     Raw input PBM
O.     Environmental input PBM
P.      Out put PBM
Q.     Representatif
R.      Perubahan perilaku mototrik
S.       Receney effect
T.       Learning experience
U.     Problem solving
V.      Komponen utama PBM





Pernyataan
               
D
1.       Setiap kali selesai memberikan pelajaran, Pak Solehudin selalu memberikan pertanyaan-pertanyaan atau tugas-tugas, baik yang harus dijawab siswanya secara lisan atau tertullis pada waktu itu maupun yag harus dikerjakan dirumah dan jawabannya dilporkan secara tertulis .
C
2.       Dengan tekun Agus memperhatikan penjelasan-penjelasan gurunya sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya sangat penting, kemudian didiskusikannya dengan temannya mengenai masalah-masalah yang kurang dipahaminya. Tugas-tugas dikerjakannya dan dilaporkannya, baik secara lisan ( resitasi ) maupun tulisan .

3.       Meskipun hanya sampai kelas IV PGA, Irma mempelajari Matematika. Namun tak kalah ia mengikuti tes masuk Perguruan Tinggi setelah menyelesaikan SltA-nya, ternyata ia masih dapat juga memecahkan soal-soal matematika yang dihadapinya .

4.       Memang pada tarap-tarap permulaan sangat sulit bagi Malik untuk meninggalkan merokok yang telah dimulainya sejak SLTP. Namun, tatkala ia dikenai peraturan bahwa disekolahnya ia tidak diperkenankan merokok, ia berusaha belajar meninggalkan kebiasaannya secara berangsur-angsur, akhirnya, seterusnya ia merasa senang tanpa meroko lagi .

5.       Pada umumnya tatkala masuk SD, siswa itu belu tau abjad dan belum dapat membaca. Namun, pada umumnya setelah setahun belajar di SD sudah menguasai pengetahuan tentang abjad dan dapat membaca .
A
6.       Sebagai guru yang ideal, Pak Syamsu setiap kali akan memberikan pelajaran terlebih dahulu selalu menerima, meghimpun, dan mempelajari bahan-bahan, kemudian diterapkan pula prosedur dan cara-cara kemungkinan menciptakan dan mengorganisikan kegiatan kelas yang dihadapinya serta teknik evaluasi kemajuan siswanya .

7.       Setelah Ibu Nani memberikan contoh bagaimana cara menguraikan kalimat berdasarkan hukum DM, kemudian para siswa diberikan kesempatan untuk berlatih dengan beberapa kalimat yang sejenis dengan harapan setelah latihan tersebut mereka benar-benar menguasai hukum DM .

8.       Dalam menggunakan metode manapun dan mengajarkan bidang studi manapun, para guru pada umumnya selalu melakukan persiapan, penyajian, evaluasi, dan tindak lanjut baik yang harus dikerjakan siswa maupun oleh para guru sendiri .

9.       Untuk mengetahui betapa besarnya peranan motivasi dalam belajar, Pak Dadang mencoba melakukan eksperimen dengan jalan memberitahukan terlabih dahulu kepada setengah jumlah siswa dari kelasnya bahwa tes yang akan mereka tepuh itu menentukan kenaikan kelasnya, sedangkan kepada separuh jumlah siswa lainnya tidak diberitahukan hal yang serupa .
T
10.   Baik disadar maupun tidak, pada umumnya siswa mengharapkan bahwa setelah selesai menjalani berbagai kegiatan belajar di dalam atau di luar selalu memperoleh bahan pengetahuan dan keterampilan baru.
N
11.   Sacara teoritik seorang guru seyoginya mengetahui dan memahami seluk beluk dan karakteristik setiap siswanya, karena semua itu merupakan bahan dasar yang akan mempengaruhi performance dan prestasi belajarnya masing-masing.
M
12.   Pada taraf-taraf permulaan, Anne dengan mudah dapat memecahkan soal-soal pergandaan dengan mempergunakan prinsip-prinsip penjumlah (seperti 2 x 2 = ...dengan 2 + .... = 4), namun tatkala soal-soal lebih lanjut dengan bilangan yang bervariasi ia menyadari bahwa hanya dengan menguasai prinsip-prinsip dari pergandaan sajalah ia akan mampu menyelasaikan soal tersebut.
R
13.   Dengan mempelajari teori dan teknik lompat tinggi dengan seksama dan dengan latihan melompat terus-menerus pagi-sore, taufik berhasil mencapai prestasi lompat tinggi 160 cm. Namun, setelah latihan yang di paksakan selama seminggu itu, tidak satu sentimeter pun prestasinya bertambah. Baru setelah istirahat barang tiga atau empat hari prestasinya meningkat lagi beberapa cm.
K
14.   Setelah mendapat pelajaran dari gurunya bahwa sholat itu antara lain mempunyai nilai disiplin diri, ternyata Arif tabiatnya semakin rajin dan lebih teratur. Demikian pula dalam mengerjakan tugas pekerjaan lainnya ialah lebih berdisiplin, di samping ittu ia juga sangat menghormati ia sangat menghormati dan orang-orangyang hidupnya berdisiplin.

15.   Dengana maksud memperoleh nilai yang memuaskan, Ricky mencoba memaksakan dirinya untuk membaca diktatnya sampai menjelang saat-saat ujian akan mulai. Namun sialnya, tidak satu pun apa yang di bacanya dapat di ingat kembali dalam soal-soal yang di hadapinya.
M
16.   Baik secara langsung ataupun tidak langsung memang jenis program atau bidang studi yang di tempuh, kepustakaan yang tersedia memiliki sekolah dan siswa/murid pribadi, kelengkapan fasilitas belajar dan praktikum, metode dan strategi belajar mengajar, jumlahg dan kualifikasi guru yang memadai akan sangat mempengaruhi kelancaran proses dan prestasi belajar siswa.
L
17.   Pepen berusaha menghimpun dan mencatat segala angka dan nilai serta informsi yagn menunjukan prestasi belajar siswanya sejak awal sampai akhir semester dengan harapan ia memperoleh bahan yang selengkap mungkinuntuk menetap siapa siswa yang dapat di nyatakan berhasil atau kurang berhasil dalam pelajaran.

18.   Jelas tidaknya tujuan yang akan di capai mungkin akan mempunyai pengaruh yang besar, baik terhadap keaktifan siswa dalam belajar maupun terhadap keefektipan guru dalam mengajar.
U
19.   Tampaknya,masalah banyaknya dan besarnya tugas serta berat ringannya pelajaran atau mudah sukarnya serta di pandang bermakna, tidaknya pelajaran tersebut bagi siswa yang bersangkutan, ada juga hal-hal yang perlu di pertimbangkan para guru dalam merencanakan PBM-nya.
J
20.   Titin sewaktu menjadi siswa SLTP selalu menduduki ranking pertama di kelasnya dan berulang kali meraih gelar/juara sebagi siswa teladan. Tetap pada taraf-taraf pertama belajar di SLTA ang semuanya (guru, teman, situasi) masih asing baginya, ternyata dari hasil-hasil belajar yang di capai tidak sebagus yang pernah di peroleh di sekolah terdahulu.



3.       Elaborasi dan Penjelasan Lebih Lanjut terhadap Beberapa Konsep Utama.

1.       Coba anda gambarkan kembali secar skematik konsep dasar-dasar proses belajar mengajar (PBM), dan berikan penjelasan seperlunya! Akan lebih lengkap kalau di beri contoh dari bidan studi tertentu yang sesuai dengan pilihan anda!


 












Penjelasannya:
Berdasarkan gambar sistematik diatas, bahwa proses belajar mengajar dapat diartikan sebagai suatu rangkaian interaksi antara siswa dan guru dalam rangka mencapai tujuannya.
Contoh:
Di dalam kehidupan sekolah Seorang guru penjas  sedang memberikan materi bola basket di lapangan kepada siswa-siswinya sehingga mereka memahami apa yang disampaikan oleh guru tersebut yang bertujuan siswa tersebut dapat memahami teknik dan pratik bola basket,sehingga guru dapat mengevaluasi peserta didiknya.  

2.       Coba anda bandingkan ketiga makna konsep dasar menurut pandangan psikologis Daya, Psikologi Gestalt, dan Psikologi Asosiasi. Berikan komentar anda seperlunya.
Jawab:
 psikologis Daya hanya mementingkan dan mengutamakan pembentukan daya-daya sedangkan pikologis Gestalt mengartikan dunia pisikologis mengartikan bahwa dunia fisikologis brasal dari kehidupan individu dan psikologis asosiasi mengemukakan bahwa psikologi adalah pada dasarnya asosiasi ide.di karenakan :
psikologis Daya: Tiap orang mempunyai/memiliki semua daya-daya itu, hanya berbeda kekuatannya saja. Agar daya-daya itu berkembang (terbentuk), maka daya-daya itu perlu dilatih, sehingga dapat berfungsi. Teori ini bersifat formal, karena mengutamakan pembentukan daya-daya.
Psikologi Gestalt: pada teori Gestalt, Lewin mengembangkan teori belajar berdasarkan Life Space (dunia psikologis dari kehidupan individu). Masing – masing individu berada di dalam medan kekuatan psikologis.
Psikologi Asosiasi : Bagian dari psikologi kontemporer abad 19 yang mempercayai bahwa proses psikologi pada dasarnya adalah asosiasi ide yaitu bahwa ide masuk melalui alat indera dan diasosiasikan berdasarkan prinsip-prinsip tertentu seperti kemiripan, kontras, dan kedekatan.
3.       Gambarlah lagi secara skematik komponen yang terlihat dalam PBM menurut cara pendekatan sistem (system approach). Berikan penjelasan dan komentar anda seperlunya.
Jawab:


     Metode, teknik , media.                                           Program tugas


 
Kapasitas (IQ)               -  

Bakat khusus                -  

Motivasi n-Ach             -
Minat                               -

Kematangan kesiapan -

Sikap/ kebiasaan dll      -
 
             Guru                            Bahan Sumber                              
                            Dan             lain-lain



-          Perilaku kognitif
-          Perilaku kognitif
-          Perilaku psikomotor
 
 


Instrumental              Input                     (Sarana)   

                                                                   Expected
                                       Raw input                                                                    Output
                                        (siswa)                                                                  (Hasil belajar Yang
diharapkan)
Enviromental input
( lingkungan )

                                     
                               
                                    
                                                                                      

           Penjelasannya: Dalam proses belajar mengajar ada 4 bagian penting:
1. Raw input yaitu suatu proses awal dimana seorang siswa yang mempunyai beberapa aspek seperti:
                                 - IQ, Bakat khusus, motivasi,minat,kematangan,
                                 - Sikap untuk kebiasaan yang mungkin belum bias dikontrol
2.  Evironmental ( lingkungan )
  Dimana dalam proses belajar ini masih berkaitan erat dengan lingkungan karna dalam lingkungan ini kita sebagai pendidik bias tau bagaimana seorang peserta didik bersosialisasi dan melihara kondisi fisiknya.
3. Instrumental
 Dimana pada bagian ini merupakan bagian yang sangat penting dalam proses belajar, karna dimana peserta didik mendapatkan sebuah ilmu untuk materi dengan berbagai caranya seorang guru mendidiknya dengan cara atau mendapatkan metode, teknik sebuah media serta bahan- bahan ajaran dari berbagai sumber, dan program tugas yang di berikan oleh guru.
4.    Out put
Dimana Output ini merupakan hasil akhir dari proses belajar mengajar dengan harapan peserta didik mendapatkan :-Ilmu dengan pemahaman yang baik¸-sikap dan perilaku yang baik
-Serta cara mempraktikannya dengan baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar